Wisata Budaya Pulau Lombok

Indonesia kaya akan budaya dan juga adat istiadat. Selain pemandangan yang indah, beberapa adat istiadat di berbagai suku di Indonesia terbilang unik. Salah satunya adalah keunikan budaya suku Sasak yang mendiami daerah tengah tepatnya di pulau Lombok. Suku yang masih menjunjung tinggi budaya leluhur ini memiliki keunikan yang berbeda dengan suku lain di Indonesia. Suku Sasak merupakan suku asli yang mendiami Pulau Lombok. Mereka rata-rata memiliki mata pencaharian sebagai petani dan juga penenun dan tinggal di rumah adat. Tidak dipungkiri lagi pulau Lombok memiliki banyak tempat-tempat wisata budaya Lombok yang menarik untuk dikunjungi. Banyak daerah di pulau ini yang sangat memukau dan menunggu untuk kita eksplorasi lebih dalam lagi. Kali ini kita akan mengunjungi tempat-tempat dimana kita bisa melihat dan lebih akrab dengan wisata budaya Lombok.

Lupakanlah sejenak Gili-gili eksotis dan pantai2 yang indah mari kita menengok kearifan wisata budaya Lombok!

Kehidupan Tradisional Masyarakat Suku Sasak di Desa Sade

Desa Sade terletak di Lombok Tengah dan berada di pinggir jalan menuju pantai Kuta. Sangatlah mudah dijangkau bagi wisatawan untuk berkunjung. Desa ini adalah tempat dimana kehidupan wisata budaya Lombok atau suku Sasak. Suku ini adalah asli dari pulau Lombok dan memiliki rumah-rumah tradisional khas Sasak. Masyarakat di Desa ini masih mempertahanan tradisi adat istiadat suku mereka. Ketika  memasuki wisata budaya Lombok ini, Anda akan disambut oleh penduduk asli. Mereka sudah siap memandu anda untuk mengetahui tentang Desa Sade. Tidak ketinggalan pula banyak anak-anak yang menawarkan hasil kerajinan mereka.

Yang menarik dari desa ini adalah bangunan rumah adatnya yang masih asli. Ada bangunan yang dikhususkan untuk tempat tinggal alias rumah dan bangunan sebagai lumbung untuk menyimpan hasil bumi seperti padi. Rumah-rumah ini atapnya terbuat dari jerami atau alang-alang kering dengan dinding terbuat dari anyaman bambu. Yang paling menarik yaitu lantai dari rumah tersebut terbuat dari kotoran kerbau dicampur dengan tanah dan jerami. Dikarenakan keunikannya ini menjadikannya sebagai tempat wisata budaya Lombok.

Kerajinan Kain Tenun Khas Lombok di Desa Sukarara

Terkenal akan kerajinan kain tenunnya, membuat Desa Sukarara dijuluki sebagai desa tenun. Saat memasuki desa, pengunjung akan disambut oleh bunyi khas gemertak. Bunyi ini dari alat tenun tradisional yang ada di setiap halaman rumah penduduk. Pemandangan wanita desa yang menenun bukan merupakan hal asing lagi di Desa Sukarara, sebab menenun merupakan mata pencaharian utama mereka. Sejak usia belia, mereka sudah diajarkan keterampilan menenun. Yang membedakan Desa Sukarara dengan desa lain yaitu para penenun hanya membuat satu motif untuk satu kainnya. Uniknya, menenun juga merupakan syarat bagi para wanita untuk dapat sampai pada fase pernikahan. Hal tersebut dilakukan guna menjada tradisi dan kebudayaan nenek moyang mereka yang diwariskan secara turun-temurun.

Karakteristik yang dimiliki kain tenun songket khas Desa Lombok Sukarara adalah pilihan warnanya yang cerah dan motif yang banyak. Motif yang digunakan antara lain seperti lumbung padi, rumah adat sasak, hewan tokek, dan sebagainya. Lamanya proses pembuatan ditentukan oleh tingkat kesulitan motif dan ukurannya. Semakin rumit motif dan ukurannya, maka semakin lama juga waktu yang dihabiskan untuk menciptakan lembaran kain tenun songket nan estetik.

Cantiknya Sentra Kerajinan Gerabah di Desa Banyumulek

Memasuki Desa Lombok Banyumulek, pengunjung akan disambut gerbang yang menjadi pintu masuk desa. Tulisan “Sentra Industri Gerabah Banyumulek” menjadi penghias gerbang saat melewati gapura tersebut. Mulai dari gerbang ini, pengunjung dapat melihat tembikar-tembikar yang dipajang di pelataran rumah.

Berkunjung ke Desa Lombok Banyumelek, pengunjung tidak hanya disuguhi jajaran tembikar yang indah. Pengunjung juga dapat melihat langsung pengolahan tanah liat hingga menjadi tembikar berdesain unik dengan warna yang indah. Tangan para perajin yang begitu ahli bergelut dengan tanah liat hingga menghasilkan benda seni yang artistik. Kerjaninan ini menjadi sajian pengalaman tersendiri ketika berkunjung ke Desa ini. Bahkan, pengunjung juga bisa mencoba untuk membuat tembikar. Penasaran dengan wisata budaya Lombok ?? Ayo kunjungi Lombok bersama Pertiwi Lombok.

 

 

You cannot copy content of this page