Setiap kali mendengar wisata pantai Kuta, sudah pasti pikiran kita langsung terbesit oleh pantai Kuta yang ada di Pulau Dewata Bali, tapi jangan salah Pulau Lombok juga menyimpan panorama keindahan pantainya yang menawan yaitu pantai Kuta yang terletak di desa Kuta Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Pantai Kuta Lombok merupakan sebuah pantai yang berada dipesisir selatan Pulau Lombok. Pantai ini dikenal sebagai pantai dengan garis pantai yang sangat panjang. Kondisi pantai ini cukup tenang, lautnya yang jernih kebiruan, pasir putihnya yang lembut dah bukit-bukit hijau yang mengitari pantai sangat cocok untuk dijadikan objek berfotoria. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencoba beragam olahraga air yang bisa dinikmati di pantai ini, seperti halnya pantai Kuta Bali, pantai Kuta Lombok juga merupakan pantai yang kini behitu populer, tak heran kalau beragam fasilitas pentunjang aktifitas  wisata di pantai ini juga tersedia begitu lengkap, termasuk diantaranya ad jet ski, banana boat  ataupu diving.

Menyusuri Keindahan Pantai Kuta Lombok dari Bukit Mandalika

Salah satu spot terbaik yang bisa digunakan untuk menyaksikan keindahan pantai ini adalah Bukit Mandalika. Bukit ini berada di sebelah barat pantai Kuta. Dari bukit ini Anda akan di suguhkan dengan pemandangan indah deburan ombak yang terhempas di batu karang. keindahan pantai Kuta Lombok pun akan terlihat kian sempurna.

Ada lagi nih keunikan budaya  yang hanya dimiliki pantai Kuta yang ada di Lombok yaitu tradisi Bau Nyale. Tradisi ini adalah kegiatan menangkap cacing laut dengan tangan. Budaya ini hanya digelar sekali dalam setahun. Nyale adalah sebutan bagi jenis cacing laut oleh orang Lombok yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika. Seorang putri cantik kerajaan yang memilih menceburkan dirinya ke laut lepas. Alasannya cukup sederhana, putri Mandalika terkenal cantik. Sehingga banyak pangeran datang untuk memperebutkan putri Mandalika. Tak menginginkan terjadinya perang, Ia pun memilih untuk terjun ke laut. Dengan menangkap Nyale, warga mengartikan telah bertemu dengan putri Mandalika yang menjelma sebagai cacing. Tak heran jika dalam pelaksanaannya, ribuan warga dari berbagai usai mengerumuni laut hanya untuk menangkap cacing tersebut. Bahkan kini tradisi ini dikemas dalam bentuk event besar dan dirangkaikan dengan berbagai kegiatan ikonik lainnya.

.

WhatsApp WhatsApp us